jadwal-sholat

OBAT (JAMU) PANAS DALAM TRADISIONAL (ALAMI)

MENGATASI DAN MENGOBATI "PENYAKIT" PANAS DALAM DENGAN RAMUAN TRADISIONAL


ramuan tradisional mengobati dan mengatasi panas dalam secara alamiMasyarakat kita tentu sangat familier dengan istilah panas dalam. Entah bagaimana awalnya sehingga istilah panas dalam bisa muncul di masyarakat. Karena pada hakekatnya penderita panas dalam tidak serta merta bersuhu badan tinggi. Apabila temperatur suhu tubuhnya diukur, maka biasanya menunjukkan suhu yang normal atau biasa – biasa saja. Istilah ini (panas dalam) juga tidak dikenal di dalam dunia medis, atau dengan kata lain bahwa panas dalam tidak dapat dimasukkan ke dalam golongan suatu penyakit. Akan tetapi panas dalam merupakan tanda (gejala) seseorang menderita suatu penyakit semisal sariawan (untuk mengetahui obat sariawan, anda bisa klik artikel kami berjudul “Ramuan Obat Tradisional (Herbal) Untuk Mengobati Penyakit Sariawan” ), radang tenggorokan (untuk obat radang tenggorokan, anda bisa baca artikel kami “Obat Sakit Radang Tenggorokan (Faringitis) Tradisional (Alami)"), dan lain sebagainya.

Karena panas dalam bukan suatu penyakit, maka penyebab (sebab – sebab) dari panas dalam tentu saja berbeda - beda antara satu orang dengan sebagian yang lain. Pada umumnya, panas dalam terjadi karena daya tahan tubuh seseorang melemah atau sistem



kekebalan tubuh orang tersebut menurun. Disamping itu, panas dalam juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin C, sehingga menyebabkan penyakit sariawan, bibir pecah – pecah atau yang semisal dengan itu. Selain itu, panas dalam bisa pula dikarenakan tubuh kita kekurangan serat, sehingga menimbulkan sembelit (baca artikel kami tentang sembelit “Cara Mengatasi Sembelit (Susah Buang Air Besar)”), bisa karena cuaca yang sangat panas, sehingga mengakibatkan kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), bisa juga disebabkan karena mengkonsumsi makanan berlemak seperti makanan gorengan atau bisa juga terjadi karena disebabkan oleh faktor psikis dan emosional seseorang (stress).

TANDA - TANDA (GEJALA – GEJALA) PANAS DALAM


Sebagaimana telah disebutkan diatas bahwa panas dalam tidaklah mesti ditandai dengan suhu tubuh yang meningkat. Namun beberapa ciri – ciri orang yang menderita panas dalam dapat kami simpulkan sebagai berikut :

1. Mengalami sariawan atau bibir pecah – pecah

2. Sakit tenggorokan

3. Mengalami batuk – batuk (untuk obat batuk, anda bisa baca artikel kami “Ramuan Tradisional (Herbal) Mengobati Penyakit Batuk, Batuk Kering, Batuk Berdahak”), bersin – bersin serta badan terasa lemas.

4. Bau Mulut tidak sedap (tips untuk bau mulut tidak sedap, anda bisa baca “Tips (Cara) Menghilangkan Bau Mulut Tidak Sedap (Halitosis)

5. Terjadi konstipasi (sembelit) atau susah buang air besar.

6. Mengalami ambeien (untuk obat ambeien anda juga bisa baca artikel kami “Ramuan Tradisional (Herbal) Mengatasi / Mengobati Penyakit Wasir (Ambeien)”.

RAMUAN TRADISIONAL (HERBAL) MENGOBATI (MENGATASI) PANAS DALAM


Apabila seseorang mengalami ciri – ciri terkena panas dalam, maka langkah pertama dan utama tentu saja memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat agar diketahui penyakit yang sesungguhnya, mengingat panas dalam bukanlah termasuk ke dalam golongan suatu penyakit. Dengan pemeriksaan yang intensif, maka akan dihasilkan diagnosis yang tepat serta pemberian obat yang efektif. Namun ada beberapa tips dari kami yang bisa anda lakukan di rumah apabila seseorang terkena panas dalam. Tips – tips tersebut antara lain :

1. Memperbanyak memakan makanan mengandung vitamin C baik buah – buahan atau yang sudah dalam kemasan tablet agar luka yang diderita, seperti sariawan mudah kering.

2. Memperbanyak makan makanan berserat tinggi seperti yang ada pada buah – buahan dan sayur – sayuran berwarna hijau serta agar – agar supaya membantu memperlancar pencernaan.

3. Memperbanyak minum air putih untuk menggantikan cairan yang hilang akibat dehidrasi, karena pada saat tejadi panas, maka tubuh banyak mengeluarkan cairan.

4. Jika tubuh mengalami kenaikan suhu badan, bisa mempergunakan parasetamol atau larutan penyegar yang banyak tersedia di toko – toko obat atau apotek.

5. Menghindari stress yang berlebihan

6. Istirahat yang cukup untuk mengembalikan daya tahan tubuh.

Untuk menunjang langkah – langkah penyembuhan seperti yang telah disebutkan di atas, maka perlu dilakukan usaha – usaha non medis agar tahap penyembuhan lebih berjalan efektif, diantaranya dengan mengkonsumsi ramuan – ramuan tradisional (herbal) yang dipercaya mampu mencegah dan mengobati “penyakit” panas dalam. Berikut kami berikan resep ramuan tradisional (alami) untuk mengobati panas dalam:

- RAMUAN PERTAMA, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah sediakan air perasan lemon, madu serta satu gelas air hangat.

Cara membuatnya yaitu campurkan air perasan lemon serta madu kedalam segelas air hangat, aduk rata. Minum.

- RAMUAN KEDUA, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah siapkan satu gelas air hangat dan garam dapur secukupnya.

Cara membuatnya yaitu masukkan garam secukupnya kedalam segelas air hangat, aduk rata. Gunakan air garam tersebut untuk berkumur. Air garam dapat mengurangi rasa sakit di tenggorakan yang disebabkan oleh iritasi hawa kering atau alergi yang dikarenakan oleh panas dalam.

- RAMUAN KETIGA, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah siapkan air kelapa muda secukupnya dan madu sebanyak tiga sendok.

Cara membuatnya yaitu campurkan air kelapa muda serta madu, aduk rata. Diminum sehari sekali.

- RAMUAN KEEMPAT, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah sediakan umbi akar alang-alang secukupnya, air panas serta satu sendok teh madu.

Cara membuatnya yaitu akar alang-alang terlebih dahulu dicuci bersih. lalu akar alang-alang tersebut dijemur sampai kering. Setelah akar alang-alang kering ditumbuk halus. Kemudian seduh menggunakan air panas, tambahkan madu kedalamnya. Aduk rata, minum.

- RAMUAN KELIMA, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah siapkan cincau dan madu secukupnya.

Cara membuatnya yaitu campurkan cincau dan madu. Ramuan ini bagus untuk meredakan panas dalam pada bayi atau anak-anak.

- RAMUAN KEENAM, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


- Bahan-bahannya adalah sediakan kacang hijau, jahe, gula batu secukupnya.

Cara membuatnya yaitu kacang hijau dicuci bersih, lalu kacang hijau direbus, masukkan jahe serta gula batu. Kacang hijau selain dapat dimasak menjadi bubur, juga dapat meredakan panas dalam.

- RAMUAN KETUJUH, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah siapkan rambut jagung muda segenggam ( dapat menambah sedikit jagung ), jahe, gula batu secukupnya.

Cara membuatnya yaitu semua bahan yang tersedia direbus hingga mendidih. Setelah itu, airnya disaring. Diminum satu kali sehari.

- RAMUAN KEDELAPAN, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah sediakan satu butir telur ayam kampung, madu satu sendok, kunyit sedikit saja.

Cara membuatnya yaitu telur ayam kampung direbus sebentar, lalu campurkan dengan sedikit kunyit dan madu. Aduk rata. Diminum sekali tegukan.

- RAMUAN KESEMBILAN, CARA ALAMI MENGOBATI PANAS DALAM


Bahan-bahannya adalah siapkan cuka sari apel secukupnya.

Cara menggunakannya yaitu cuka sari apel digunakan untuk berkumur-kumur. Cuka sari apel mempunyai manfaat membersihkan tenggorokan, sehingga dapat membunuh bakteri di tenggorokan.

Demikianlah tips – tips resep kesehatan dari kami tentang cara tradisional (ramuan) alami mengatasi dan mengobati panas dalam. Semoga tulisan yang singkat ini bermanfaat bagi anda semua.

Related Post: